Senin, 13 September 2010

Apa Itu Blog? Mengenal Dunia Blogging

Apa itu blog? Jika anda sering surfing di dunia maya, pasti setidaknya anda pernah mendengar istilah blog? Sudah tau apa itu blog? Kalo belum, yu kita bahas sama – sama. Yaa itung – itung mengenal dunia per bloggeran.

Pada dasarnya, blog merupakan sebuah media di internet, tempat menulis atau mencurahkan sesuatu hal seorang blogger (penulis blog). Blog bisa juga di katakan sebagai diary online yang terus terupdate dan terbagi ke dalam beberapa kategori.

Isi dari sebuah blog, tidak hanya berfokus kepada kisah atau kehidupan pribadi. Melainkan, saat ini blog bisa diisi dengan berbagai macam hal. Misalnya, musik, politik, berita, atau hal apa saja yang bisa di tulis. Bahkan, tidak sedikit orang – orang yang menggunakan media blog sebagai tempat untuk mencurahkan pandangan – pandangan pribadi terhadap suatu peristiwa yang sedang terjadi.

Pengertian Blog : Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. – Wikipedia.

Untuk bisa mengenali sebuah blog, berikut beberapa ciri yang bisa di jadikan acuan :
Isi dari sebuah blog biasanya berupa informasi / pandangan / curhatan seseorang / kelompok dan terbagi ke dalam beberapa kategori (label)
Selalu terupdate
Bersifat pribadi
Memiliki arsip
Terdapat kolom komentar sebagai tempat bagi para pengunjung untuk mengomentari tulisan (postingan) dari si empunya blog (blogger).
dll

Ciri – ciri tersebut diatas tidak mutlak, namun biasanya sebagian besar blog memiliki ciri – ciri tersebut.

Untuk membuat sebuah blog tidak diperlukan kemampuan khusus. Karena, saat ini sudah banyak situs – situs di internet yang sudah menyediakan blog secara gratis. Sebut saja Blogger atau WordPress. Proses pembuatannya pun tidak sulit, tidak harus mengerti bahasa pemrograman web atau lainnya. Kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk membuat sebuah blog yaitu bisa mengetik. Yupz, hanya dengan bisa mengetik saja, kita sudah bisa memiliki sebuah blog.

OK! itulah sedikit pembahasan mengenai apa itu blog? Tulisan di atas masih banyak yang kurang, sisanya silahkan aja sobat searching di google yaa…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar