Sabtu, 11 September 2010

Fungsi Vitamin C

Fungsi Vitamin C


Fungsi Vitamin C Yang Dibutuhkan Tubuh
Trend konsumsi pangan Indonesia kini sudah menunjukkan kemajuan dalam hal penerimaan terhadap pangan fungsional pangan yang tidak hanya dikonsumsi sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari tetapi mempunyai efek yang baik bagi kesehatan.

Berbagai klaim kesehatan kini muncul di berbagai produk pangan yang beredar di masyarakat. Mulai dari yang menawarkan mengandung antioksidan, fiber/serat, probiotik, low-fat, non-colesterol, multivitamin, dll. Tetapi, sayangnya edukasi tentang pentingnya zat yang dijual dalam sebuah produk pangan fungsional masih belum sebaik penerimaan konsumen.

Bagi produsen ini berita baik, tetapi konsumen hanya menerima karena sekadar mengikuti trend yang berkembang. Salah satunya adalah minuman yang mengandung vit C dalam jumlah tinggi, yakni 1000 mg vit C.

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang sangat diperlukan tubuh kita penting dalam membentuk kolagen, serat, struktur protein. Kolagen dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi dan juga untuk membentuk jaringan bekas luka. Vit C juga berperan dalam meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi dan membantu tubuh menyerap zat besi (Food.info.net).

Vit C dikenal sebagai salah antioksidan yang dapat menangkal bahaya radikal bebas yang bersifat karsinogenik. Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan elektron, sehingga molekul tersebut menjadi tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain. Radikal bebas dapat dihasilkan dari hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal seperti asap rokok, hasil penyinaran ultra violet, zat kimiawi dalam makanan dan polutan lain (wikipedia).

Begitu pentingnya vit C bagi manusia maka kecukupan gizi vitamin C harus terpenuhi tiap harinya. Pertanyaannya berapa sih, nilai or angka kecukupan gizi vit C bagi tubuh kita???? AKG vit C berkisar 60-90 mg/hari. AKG ini tergantung kebutuhan tubuh seseorang juga dipengaruhi jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik dan stres, tetapi tidak terlalu jauh dari 100 mg/hari untk vit C.

Nah, dalam hal ini terdapat kontroversi antara pihak Food Supplement (yang biasa menyediakan dosis vit C 500-1000 mg dalam produknya) dengan AKG. Di kutif dari CBN portal, Pakar vitaminC dosis tinggi seperti Linus Pauling menyatakan bahwa AKG yang 60 mg sehari mungkin hanya bermanfaat untuk mencegah skorbut.Kebutuhan Vit C setiap hari sangat berfluktuasi, tergantung kondisi tubuh. Apabila kekebalan tubuh sedang rendah, kolesterol cenderung tinggi, maka diperlukan Vit C dosis tinggi untuk mengatasi masalah tersebut. Tubuh kita yang akan mengatur berapa kebutuhan Vit C saat itu. (INF/Ezz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar