Minggu, 10 Oktober 2010

Kenapa komputer/Computer semakin lama semakin lambat ?


Komputer lambat, tentu segala sesuatunya membuat kita jengkel. Dalam benak kita bertanya, apa yang menjadi penyebabnya, masalahnya yang sering menjadi penyebabnya adalah diri kita sendiri yang lupa tidak membersihkan file-file sampah yang sudah tidak terpakai, baik yang berupa temporary file maupun yang ada di Recycle Bin. Namun jika kita sudah melakukan pembersihan ternyata komputer kita masih lambat gimana? Nah, mungkin ada penyebab lain yang menjadi penyebabnya, apa saja ?

1. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall. Jika ingin menginstall software sebaiknya yang penting dan dibutuhkan saja, jangan terlalu banyak menginstall software yang tidak digunakan. Hal ini secara otomatis akan mengambil resource/space komputersehingga pada akhirnya akan mengganggu kerja komputer itu sendiri. Jika sudah terlanjur terinstall, Anda dapat menghapusnya dengan cara meng-un-install aplikasi tersebut dari komputer.

2. Banyak file sampah. Ini mungkin yang sering dilupakan, banyak orang yang tidak mengetahui file-file sampah yang seharusnya dibuang, diantara file-file sampah adalah :
File pada Recycle Bin, ketika kita menghapus file yang tidak digunakan, maka akan secara otomatis akan tersimpan di Recycle Bin (sebenarnya belum terhapus) dan masih mengambil space harddisk. Pastikan Anda memilih file-file yang memang sudah tidak digunakan lagi, karena jika kita mengosongkan file pada Recycle bin maka akan terhapus secara permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi
File Cookies dan File History, file ini akan selalu muncul ketika sedang melakukan aktifitas koneksi ke jaringan internet. Anda bisa menghapus file ini dalam Internet Option pada masing-masing browser
Ada beberapa aplikasi yang secara otomatis menyimpan file cadangan (backup) seperti file backup (*.bak), temporary (*.tmp), dll. Jadi ketika kita menyimpan sebuah file, maka file lama akan tetap ada dengan format yang berbeda yaitu file *.bak bisa juga berupa file *.tmp. Bersihkan file-file ganda yang tidak digunakan, bisa juga menggunakan software Disk Cleanup.

3. Di Start Up banyak aplikasi yang berjalan. Beberapa software ketika pertama kali di-install menyediakan pilihan diataranya icon ditambahkan pada Desktop, Taskbar, dan Quick Launch. Memang secara sepintas akan memudahkan kita menjalankan program tersebut karena tinggal mengklik icon-nya saja, namun sebenarnya menjadi beban komputer karena harus menyediakan memory tersendiri.
Hal ini akan memperlambat kerja komputer. Aturlah beberapa aplikasi yang memang dibutuhkan dengan cara mengatur konfigurasi. Klik Start- Run, ketikkan “msconfig”, nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan pada tab Startup.

4. Scandisk dan Defrag kurang rutin. Komputer yang sering digunakan juga perlu penyegaran, salah satunya adalah melakukan scandisk dan defragmentasi secara rutin minimal satu bulan sekali. Hal ini merupakan hal yang sepele namun sering dilupakan banyak orang.

5. Pilihan kinerja yang tidak tepat. Bagi pengguna Windows, sebaiknya memperhatikan hal ini agar kinerja kerja komputer lebih cepat. Windows XP menyediakan dua pilihan yaitu “Adjust for best appereance” dan “Adjust for best performance”
Jika memilih Adjust for best appereance maka akan lebih mengutamakan penampilan sehingga kinerja komputer akan memerlukan memory yang lebih, hal ini berpengaruh pada kinerja komputer. Sedangkan Adjust for best performance maka akan lebih mengutamakan kinerja komputer dibandingkan penampilan sehingga penampilan Windows akan nampak seperti biasa tanpa efek bayangan ataupun mengkilap

6. Kesalahan Shutdown. Komputer yang sangat lambat bekerja membuat kita kesal dibuatnya, makin hari makin lambat saja. Terkadang komputer ngambek (hang) secara mendadak ketika sedang asik bekerja. Saking emosinya, biasanya kita langsung menggunakan jurus jari sakti dengan menekan tombol power atau tombol reset. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa mematikan komputer melalui proses Shutdown karena semua tombol keyboard dan mouse tidak berfungsi.
Apabila Anda sering melakukan hal ini, lama-lama bisa mengakibatkan sistem operasi tidak berjalan secara normal, parah-parahnya terjadi bad sector pada harddisk, serem kan? Hal ini akan memperparah keadaan karena file-file sistem yang ada pada bad sector tidak dapat terbaca, sehingga komputer sering mengalami hang

Semoga bermanfaat…

1 komentar:

  1. A right pair of shoes is glamour woman's essential equipment. Appropriate shoe outfit, Office Professional 2007 shaped your perfect body, improve your workplace confidence, can let your grace is impeccable. Summarized here, the five basic principles of selection of shoes, namely comfort, Visio Professional 2010 choose color, material, cleaning and maintenance. Hope that these principles allow you to find favorite shoes. preferred Shoes of avoid by all means is the most bright-colored color became systemic places, neuter color (such as black, gray, cream-colored, brown, yellow) can match with most colors of clothing, always be the best partner for office worker.

    BalasHapus